Soal AAT Informatika
1. Berikut bukan perangkat yang datanya
dapat dibaca, tetapi tidak dapat diubah
atau ditulis ulang adalah...
a. Flash drive
b. ROM
c. CD Room
d. CD-R
2. Perangkat komputer yang berfungsi
untuk mengubah sinyal digital menjadi
gambar adalah...
a. LAN Card
b. Kartu Suara
c. Kartu Grafis
d. Wifi Card
3. Perangkat berikut yang mempunyai
slot untuk menempelkan perangkat
lainnya adalah...
a. Memori
b. Kartu suara
c. Motherboard
d. Wifi Card
4. Perangkat yang umum digunakan
untuk koneksi peer to peer adalah...
a. LAN Card
b. Bluetooth
c. Modem
d. Wifi Card
5. Antar muka yang menggunakan
karakter untuk memberikn perintah
adalah...
a. CUI
b. GUI
c. menu-driven
d. Mobile UI
6. Antar muka yang biasaa digunakan
untuk sistem otomatis pada restoran
adalah...
a. Touchscreen
b. GUI
c. menu-driven
d. CUI
7. Yang membutuhkan kartu grafis
dengan sepesifikasi yang tinggi
adalah...
a. Game catur ,musik youtube
b. Download file, streaming
c. Game online resolusi tinggi
d. Film online
8. Komponen untuk tampilan game, film
dengan resolusi terbaik kecuali
adalah...
a. Kartu grafis
b. Kartu suara
c. Prosesor
d. Media penyimpana besar
9. Alasan perusahan memilih penggunaan
sidik jari dibanding retina adalah,
kecuali...
a. Memudahkan pengguna
b. Lebih aman
c. kecepatan waktu
d. Lebih murah
10. Perangkat penyimpanan ini
menggunakan magnetik adalah,
kecuali...
a. Blu-ray disk
b. harddsik
c. flash drive
d. Memori
11. Media penyimpanan berikut yang tidak
dapat ditulis berulang adalah...
a. DVD-R
b. DVD RW
c. DVD+R
d. CD+R
12. Jaringan serat optik dibanding telpon
adalah, kecuali,..
a. Transfer cepat
b. Jangkauan data jauh
c. Koneksi lama
d. Menggunakan sinyal cahaya
13. Perangakat lunak yang digunakan
untuk mengendalikan perangkat yang
terhubung ke computer termasuk
perangkat…
a. System Operasi
b. Pemrograman
c. Driver
d. System operasi tools
14. Berikut yang bukan merupakan fungsi
dari system operasi adalah...
a. Mengatur ruang memori
b. Mengatur ruang penyimpanan di
hardisk
c. Membagi hardisk menjadi beberapa
partisi
d. Mengatur proses input dan output ke
komputer
15. Suatu perangkat dihubungkan ke
computer dan perangkat tersebut tidak
dikenali oleh computer. Hal ini
berhubungan dengan system operasi
sebagai...
a. Mengatur ruang memori
b. Mengatur ruang penyimpanan di
hardisk
c. Membagi hardisk menjadi beberapa
partisi
d. Mengatur proses input dan output ke
komputer
16. Jika computer menerima input dari
keyboard dan mouse pada saat yang
bersamaan, tugas system operasi
adalah …
a. Mengatur antrian input data untuk
diproses secara bergantian
b. Mengatur ruang memori untuk
mengatur ruang sementara input
yang diberikan
c. Mengatur ruang penyimpanan untuk
menyimpan input dari dua perangkat
yang berbeda
d. Mengenali perangkat keyboard dan
mouse agar dapat digunakan.
17. Sistem operasi yang menggunakan
sumber pengembangan yang sama
adalah...
a. DOS dan IOS
b. Linux dan Android
c. Windows dan Unix
d. Windows dan IOS
18. Berikut yang bukan merupakan
kelebihan OS android dibandingkan
apple IOS adalah ...
a. Banyak aplikasi tersedia di playstore
b. Dapat diinstal diberbagai mobile
phone
c. Harga smartphone yang beragam
d. Konsumsi listrik hemat
19. Berikut yang bukan merupakan bagian
dari desktop Windows adalah…
a. Taskbar
b. Tombol Start
c. Shortcut
d. Scrollbar
20. Tindakan berikut yang tidak termasuk
upaya untuk mengurangi e-waste
adalah…
a. Membeli perangkat yang memenuhi
standar green technology
b. Mendonasikan perangkat computer
yang sudah tidak dipakai
c. Menggunakan hardisk jenis SSD
d. Melakukan daur ulang perangkat
komputer
21. Berikut yang tidak termasuk perangkat
lunak pemrograman adalah …
a. Borland Delphi
b. wxDev C++
c. Visual Studio
d. Lotus Word Pro
22. Perangkat lunak yang digunakan agar
penggunaan hardisk menjadi lebih
hemat adalah …
a. Disk Compression Utility
b. Partisi Disk
c. System Information tools
d. Backup Utility
23. Perangkat lunak yang digunakan agar
file yang dikirimkan melalui internet
lebih kecil adalah...
a. Antivirus
b. Disk Defragmenter
c. Disk Compression Utility
d. System Information tools
24. Perangkat lunak yang dapat
didownload secara gratis, tetapi dalam
periode tertentu adalah …
a. freeware
b. adware
c. shareware
d. Demo software
25. Lisensi perangkat lunak yang kurang
disukai pengguna karena iklan yang
ditampilkan adalah …
a. Retail Software
b. Adware
c. Public domain software
d. freeware
26. Pengertian algoritma adalah…
a. Langkah-langkah logis
penyelesaian masalah yang disusun
secara sistematis dan logis.
b. Langkah-langkah logis
penyelesaian masalah yang disusun
secara acak dan logis.
c. Langkah-langkah logis
penyelesaian masalah yang disusun
secara sistematis berdasarkan
abjad.
d. Langkah-langkah logis
penyelesaian masalah yang disusun
secara sistematis berdasarkan
nomor.
27. Karakteristik dari algoritma adalah:
1. Tertata dengan baik
2. Jelas
3. Dapat dihitung secara efektif
4. Random
Dari pernyataan diatas yang benar
adalah…
a. 1,2,3, dan 4
b. 1,2, dan 3
c. 1, dan 4
d. 2, dan 4
28. Gambar simbol pada flowchart
dibawah ini disebut sebagai…
a. Simbol arus
b. Simbol Communication link
c. Simbol Connector
d. Simbol Offline Connector
29. Gambar simbol pada flowchart
dibawah ini disebut sebagai…
a. Simbol arus
b. Simbol Communication link
c. Simbol Connector
d. Simbol Offline Connector
30. Gambar simbol pada flowchart
dibawah ini disebut sebagai…
a. Simbol Manual Input
b. Simbol Proses
c. Simbol Terminal
d. Simbol Decision/kondisi
31. Gambar simbol pada flowchart
dibawah ini disebut sebagai…
a. Simbol Manual Input
b. Simbol Proses
c. Simbol Terminal
d. Simbol Decision/kondisi
32. Gambar simbol pada flowchart
dibawah ini disebut sebagai…
a. Simbol Manual Input
b. Simbol Proses
c. Simbol Terminal
d. Simbol Decision/kondisi
33. Gambar simbol pada flowchart
dibawah ini disebut sebagai…
a. Simbol Input Output
b. Simbol Documen
c. Simbol Dist Storage
d. Simbol Decision/kondisi
34. Gambar simbol pada flowchart
dibawah ini disebut sebagai…
a. Simbol Input Output
b. Simbol Documen
c. Simbol Dist Storage
d. Simbol Decision/kondisi
35. Algoritma dapat dibuat dalam
bentuk….
a. Kode program dan blok kode
b. Pseudocode dan blok kode
c. Kode program dan flowchart
d. Flowchart dan Pseudocode
36. Blok kode yang berfungsi untuk
menyimpan blok kode yang mengatur
tampilan program disebut dengan...
a. Blok Events
b. Blok Control
c. Blok Sensing
d. Blok Looks
37. Blok kode yang berfungsi untuk
menyimpan blok kode yang merespon
kejadian-kejadian yang ada disebut
dengan....
a. Blok Events
b. Blok Control
c. Blok Sensing
d. Blok Looks
38. Blok kode yang berfungsi untuk
menyimpan blok kode yang berupa
pengecekan kondisi, perulangan, dan
sebagainya disebut dengan....
a. Blok Events
b. Blok Control
c. Blok Sensing
d. Blok Looks
39. Blok kode yang berfungsi untuk
menyimpan blok kode yang digunakan
untuk men-trigger dijalankannya blok
kode yang disebut dengan...
a. Blok Events
b. Blok Control
c. Blok Sensing
d. Blok Looks
40. Berfikir komputasional artinya:
1. Melatih diri agar bekerja secepat
komputer
2. Memecah masalah kompleks
menjadi sederhana
3. Membuang informasi yang tidak
penting
4. Menyusun penyelesaian dengan
langkah-langkah yang logis dan
sesuai aturan
Dari pernyataan diatas yang benar
adalah….
a. 1,2, dan 3
b. 2,3, dan 4
c. 3, dan 4
d. 1,2,3, dan 4
Kunci Jawaban
__________________
1. A
2. B
3. C
4. B
5. B
6. C
7. C
8. B
9. D
10. C
11. A
12. B
13. A
14. B
15. D
16. A
17. B
18. D
19. D
20. C
21. D
22. A
23. C
24. A
25. B
26. A
27. B
28. C
29. B
30. B
31. D
32. A
33. B
34. C
35. C
36. D
37. A
38. B
39. C
40. B







Komentar
Posting Komentar